Tuesday, November 4, 2008

Berita Pemilu Daerah: Caleg Pesawaran Sesalkan KPU

GEDONGTATAAN (Lampost): Sejumlah calon legislatif (caleg) Kabupaten Pesawaran dilanda kebingungan. Pasalnya, KPU Pesawaran tidak melakukan sosialisasi daftar calon tetap (DCT) di media massa.

Akibatnya banyak caleg yang tinggal di daerah Punduh Pidada dan Padang Cermin terpaksa harus menuju ke Sekretariat KPU Pesawaran yang ada di Gedongtataan hanya untuk memastikan apakah namanya masuk dalam daftar calon tetap.

"Ini kan tidak sesuai. Masak hanya untuk melihat nama kami ada dalam daftar calon tetap, kami harus jauh-jauh dari Punduh Pidada ke Gedongtataan, ini sama saja mubazir," ujar salah seorang caleg dari daerah pemilihan Punduh Pidada dan Padang Cermin.

Ia menilai KPU Pesawaran sudah sewajarnya menyosialisasikan daftar calon tetap di media massa. "Kalau diumumkan di media massa lokal yang sudah dikenal, jangkauannya kan lebih luas. Termasuk untuk kami yang tinggal jauh dari ibu kota kabupaten. Bayangkan, berapa anggaran yang kami habiskan hanya untuk memastikan nama kami ada dalam daftar tetap," kata dia dengan nada kecewa, kemarin.

Calon legislatif lainnya bahkan mengaku belum tahu jika KPU Pesawaran sudah mengeluarkan daftar calon tetap. Karena nyaris tidak ada pemberitahuan sama sekali.

"Saya baru tahu kalau daftar calon tetap sudah diumumkan baru hari ini (4-11). Padahal, pengumumannya sudah dilakukan tanggal 30 Oktober kemarin. Informasi tentang sudah keluarnya daftar calon tetap ini pun saya peroleh dari teman satu partai," ujar caleg asal Negerikaton ini kecewa.

Sikap KPU Pesawaran ini dinilainya sebagai bentuk kelalaian dalam menjalankan kewajiban. "Aturannya kan sudah jelas, bahwa pengumuman daftar calon tetap itu dilakukan melalui media massa. Tetapi KPU Pesawaran justru tidak melakukan hal itu. Ini ada apa? Lantas kemana anggarannya," kata dia.

Ia juga menyesalkan KPU Pesawaran sudah tidak sepenuhnya menjalankan kewajiban yang memang menjadi tanggung jawabnya. "Kita tidak ingin gagal maju sebagai anggota legislatif hanya karena sikap KPU Pesawaran yang terkesan menganggap enteng semua masalah."

Pantauan Lampung Post di sekretariat KPU Pesawaran menunjukkan banyak calon anggota legislatif yang mendatangi kantor penyelenggara pemilu itu hanya untuk memastikan nama mereka masuk dalam daftar calon tetap. Raut kekecewaan juga tampak dalam wajah para caleg ini. Pasalnya sebagian caleg terpaksa harus menempuh perjalanan yang cukup jauh hanya untuk memastikan namanya ada dalam daftar calon tetap.

Sebelumnya, Sekretaris KPU Pesawaran Gandin Maharda mengatakan KPU Pesawaran hanya akan menyosialisasikan daftar calon tetap melalui selebaran. Tapi kenyataannya model sosialisasi dengan selebaran ini dinilai tidak efektif.--sumber lampung post 5 nopember 2008--

No comments:

arsip berita