Monday, November 10, 2008

Berita Pemilu Daerah Lampung Timur

Panwas Berperan Penting Sukseskan Pemilu 2009
SUKADANA (Lampost): Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) punya peran penting dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2009. Karena itu panwascam punya tanggung jawab berat dalam penyelenggaraan pemilu.

Hal itu dikatakan Sekretaris Kabupaten Lampung Timur I Wayan Sutarja dalam sambutannya pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota panwascam se-Kabupaten Lampung Timur, Kamis (13-11). Menurut Sutarja, panwascam harus bekerja dengan gigih, sungguh-sungguh, netral serta jujur, demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2009 mendatang.

"Pemilu merupakan sarana penting untuk memilih pemimpin yang kredibel, cakap, serta berkualitas menurut suara rakyat. Begitu juga pada Pemilu 2009 nanti.

Pemilu 2009 harus berjalan aman dan kondusif. Pemilu aman dan kondusif itu sendiri dapat tercapai jika unsur yang terlibat seperti penyelenggara, pengawas, pemilih dan calon, siap menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ini," kata Sutarja.

Oleh sebab itu, lanjut Sutarja, guna menunjang keberhasilan pelaksanaan pemilu dibutuhkan sumber daya manusia yang cukup berkompeten dalam melaksanakan pengawasan di setiap kecamatan.

Selain menyoroti tugas Panwas, Sutarja juga menyampaikan ajakan bagi masyarakat untuk mendukung suksesnya pemilu. Dukungan itu dengan menciptakan dan menjaga iklim tetap dalam kondisi yang kondusif, aman, dan tenteram.

Kemudian, di samping mengajak para anggota panwascam untuk mendukung segenap program pemerintah guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamtim.

"Tugas berat yang diemban ini merupakan amanah.
Amanah tersebut bukan hanya dipertanggungjawabkan kepad atasan dan masyarakat saja, melainkan juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu dalam melaksanakan tugas, para anggota panwascam agar tetap menempatkan orientasi tugas dan perjuangannya. Jangan semata-mata untuk dirinya sendiri atau golongan, akan tetapi pada tataran yang lebih luas lagi yaitu untuk kemaslahatan umat," kata dia.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota panwascam oleh Panwas Kabupaten Lampung Timur berlangsung di aula kantor Bupati Lamtim. Selain dihadiri Sekkab Lamtim I Wayan Sutarja, hadir pula sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab setempat.--sumber lampung post 14 nopember 2008--

No comments:

arsip berita